Teknik Fotografi Menggunakan hp Foto Hasilnya Keren!

5 teknik fotografi di ponsel hasilkan foto keren

Salam sejahtera.Sebelumnya, ini kali pertama saya membuat posting. Jadi jika terjadi kesalahan dalam tutur kata dan penjelasan, tolong untuk masukan di kolom komentar.
Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan kini telah mendorong pengguna smartphone dan HP biasa sekalipun bisa mengambil objek foto dengan lebih menarik. Bahkan tersedia lensa dan alat-alat lainya untuk mendukung menghasilkan foto yang berseni di ponsel. Sayangnya perlengkapan tersebut masih sedikit mahal bagi sebagian orang.
Pada kesempatan ini, saya akan memberikan sedikit rahasia bagaimana mendapatkan foto keren, indah dan membanggakan untuk anda hanya menggunakan Ponsel / HP.
1. Pertama adalah peralatan, yaitu HP / ponsel tentunya. Di hp ini, mulailah dengan membersihkan kaca kamera dengan kain yang halus, usap perlahan jangan sampai meninggalkan goresan. Kemudian pengaturan kamera, anda perlu mencoba mengeksplorasi pengaturan-pengaturan di kamera ponsel anda, mulai dari bermain white balance untuk mendapatkan efek kekuningan – kebiruan. Mencoba bermain di pengaturan exposure untuk mengatur gelap terangnga foto.  Atau anda bisa mencoba aplikasi pihak ketiga seperti dibawah ini, aplikasi ini adalah shot cotrol (untuk android) yang memberikan akses pengaturan kamera hampir manual seperti ISO, focus, dsb (tergantung HP).
image
2. Cahaya pengambilan gambar. Gunakan cahaya matahari sebagai sumber cahaya yang bagus dan rata. Dalam pengambilan gambar terkadang kita kebanyakan memotret dengan sumber cahaya dari depan objek foto. Anda perlu mencoba mengambilnya dari sudut yang lain.
Contohnya, anda mengambil gambar hitam putih, ambilah foto dengan sumber cahaya dari samping, maka hasil foto anda akan mengesankan karakter yang tegas dengan bayangan yang lebih tegas pula. Atau jika anda sedang dipantai diwaktu senja, ambilah gambar siluet yang berkarakter dengan cahaya matahari tepat dibelakang objek (matahari terhalangi objek). Itu akan memberikan cahaya terang yang mengelilingi objek dan semakin melebar semakin gelap.
image
Cahaya dari belakang
3. Sudut pandang pengambialan gambar. Dalam sudut pengambilan gambar, biasanya anda akan melakukan sudut pengambilan gambar yang sejajar antara objek dengan kamera. Cobalah menggambil sudut gambar yang berbeda dalam pemotretan sebuah objek. Anda bisa mengambil gambar dari bawah yang menggambarkan objek terkesan tinggi. Seperti pada gambar di bawah ini
image
Nampak tinggi bukan loncatan objek? Padahal sebenarnya tidak lebih dari 1 meter, tapi dengan teknik pengambilan gambar yang pas maka objek tampak meloncat tinggi. Ingat terkadang  anda harus rela tidur ditanah untuk mendapatkan sebuah foto yang luarbiasa.
4. Grid line. Ini membantu anda meletakan objek foto dan kesimetrisan garis di objek foto. Grid line yang populer digunakan adalah rule of third dimana di viewfinder / tampilan LCD ponsel terdapat 2 garis vertikal dan horizontal. Anda dapat meletakan objek foto diantara persimpangan garis (agak kepinggir) bukan cuma di tengah-tengah terus. Pada ponsel android aplikasi pihak ketiga sudah banyak yang mempunyai fitur ini (camera x / camera pro, a better camera, shot control). Mungkin HP anda sudah menampilkan grid line ini, tetapi anda tidak tau fungsinya apa.
image
Contoh menempatkan objek
image
image
5. Jangan pernah hapus fotomu. Jika anda mengira foto anda jelek, kemudian anda menghapusnya, itu sangat disayangkan. Kenapa? Karena foto itu dapat indah karena memang objek tersebut memiliki keindahan, atau karena kita pintar dalam editing sehingga hasil foto kita menarik. Cobalah untuj tidak menghapusnya dan editlah. Aplikasi editor di ponsel saya yang wajib adalah snapseed, saya gunakan untuk mengedit saturasi, ambience, shadow, contrass, dll. Sehingga gambar tampak lebih menarik karena warna diperkaya, diperterang, dipercerah, atau sebaliknya.
image
Foto gagal, blury / out of focus
Foto diatas adalah contoh foto yang gagal! Foto blur karena miss fokus pada auto focus, dan kurang siapnya objek. Tapi bagaimana menurut anda? Terkesan dreamy, khayalan, dsb bukan?
Kesimpulanya untuk mendapatkan foto yang bagus anda tidak perlu menggunakan alat yang mahal, gunakanlah apa yang ada dan imajinasi anda.
Sekian dari saya, dan jika anda ingin menambahkan, atau ingin pencerahan, anda tau harus bagaimana.
Posting berikutnya saya akan membongkar rahasia mendapatkan foto water drop mudah dan murah di ponsel, dengan hasil luar biasa. Berikut foto hasil water drop tersebut:
image
image
Mau tau trik rahasianya? Tunggu post berikutnya

Komentar

Postingan Populer