Jenis Kerusakan Sensor Kamera DSLR

Sensor kamera menjadi salah satu penentu bagus tidaknya hasil jepret yang di olah kamera. bersih dan kotor nya sensor akan menjadi pengaruh hasil foto. beberapa jenis kerusakan pada sensor kamera :
1. sensor kotor. kadang saat melakukan pemotretan di tempat terang sepeti foto langit, dengan f:/5 keatas terdapat sebuah bercak, blentong-blentong pada hasil gambar seperti gambar dibawah ini.
hasil foto dslr sensor kotor
klik untuk zoom gambar
efek bercak diatas di pengaruhi oleh kotornya sensor kamera dslr ( bukan kotornya lensa karena jamur ) kotornya lensa oleh jamur pengaruhnya lain seperti gambar diatas, efek bercak pada gambar diatas ini bercak konstan - tetap pada posisi tertentu,
Cara Cek Kamera sensor kotor
a. Lepas Lensa Kamera
b. Seting shutter speed -15 sd -30 ( shutter speed lambat )
c. tekan tombol shutter, maka view finder akan terbuka dan sensor juga terbuka
d. amati menggunakan senter
e. bila terjadi kotor - bercak maka akan terlihat jelas pada kaca sensor.

Jenis Sensor kotor pada kamera DSLR.
a1. Kotor pada bagian depan ( bisa di bersihkan manual ) pada kamera canon pilih menu clean manualy ( bersihkan dengan cairan khusus dan tisu khusus )
a2, Kotor bagian dalam, ini harus dilakukan pembongkaran total karena sensor terletak di belakang. ini memerlukan teknisi kamera untuk bongkar pasangnya dan pembersihannya.
Untuk lebih mudahnya langsung bisa di service di : tempat service kamera

2. Kerusakan lainnya adalah sensor lembab. hasil foto menjadi blur tidak karuan dikarenakan ada kelembaban pada sensor. luar atau dalam, ini terjadi biasanya kamera habis dipakai foto di air terjun atau laut dan terkena busa air saat mengganti lensa. baca : efek jamur pada lensa kamera

3. Kerusakan sensor membuat hasil foto menjadi warna yang berbeda, biasanya di tempat lebih gelap warna saturasi menuju warna tertentu seperti merah dll. namun di tempat terang atau foto menggunakan flash warna menjadi normal kembali.

Komentar

Postingan Populer